Posted on

Jenis Bahan Jersey Yang Harus Anda ketahui

Sahabat muslimah, sekarang ini banyak sekali busana muslimah seperti baju gamis dan jilbab yang dibuat dari bahan jersey. Namun terkadang saat kita membeli busana muslimah syar’i tersebut, bahan jersey yang kita terima tidak sama dengan baju muslim lain yang kita beli misalkan dari toko yang lain, padahal keduanya mengatakan jika produk yang mereka jual berbahan jersey. Bingung kan ya, mana yang benar? Ataukah kedua toko tersebut menipu kita? Nah dalam artikel di bawah ini kami mencoba menjelaskan jenis bahan jersey yang memang harus kita ketahui sehingga kejadian seperti diatas tidak terjadi lagi.

Bahan jersey memang belakangan ini menjadi tren baru di kalangan desainer pakaian muslimah karena beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahan kain ini, serta banyaknya muslimah yang menyukainya. Hal ini menjadi lahan baru yang kemudian diolah oleh para desainer dan juga para produsen kain serta produsen busana untuk memberikan bermacam model busana muslim syar’i yang terbuat dari bahan jersey. Selain itu para produsen bahan kain juga bereksperimen untuk membuat bahan kain jersey yang bermacam-macam jenis, kualitas serta harganya sehingga nantinya para konsumen dapat memilih sendiri bahan jersey yang disukainya dan sesuai dengan budget yang dimilikinya.


Pengertian Bahan Jersey dan Sifatnya

Bahan jersey merupakan bahan kain yang dibuat dari jenis tekstil rajutan, yang terdiri dari serat katun seluruhnya atau sebagian dicampur dengan serat sintetis. Ciri-ciri dari bahan kain jersey ini adalah merupakan kain katun strech, halus, lebih tebal dibandingkan dengan kain spandex rayon, serta tidak berbulu.

Penggunaan dari kain jersey ini adalah secara umum digunakan untuk membuat kaos/ t-shirt seperti kaos jersey bola, dan juga untuk selimut musim dingin. Dengan sifatnya yang hangat, fleksibel, elastis dan dapat mencegah panas badan keluar, ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk menggunakannya sebagai lapisan pakaian yang paling dekat di kulit badan.

Bahan kain jersey ini banyak sekali digunakan karena memang terlihat bagus dengan berbagai pilihan warna cerah dan gelap, terlihat bagus saat dikenakan dan jatuhnya enak karena kainnya memang lembut. Hal ini tentunya sangat cocok jika dipakai untuk seragam sepak bola, yang lebih umum dengan nama jersey bola. Namun jika para muslimah yang mengenakannya harap menggunakan ukuran busana muslim satu ukuran lebih besar dari biasanya, karena jika memakai ukuran tubuh sebenarnya maka akan terlihat lekuk tubuh karena sifat bahan kain jersey yang mudah jatuh. Jika hal ini terjadi maka akan hilanglah esensi dari memakai busana muslim syar’i yang salah satunya adalah tidak menampakkan angota dan lekuk tubuh.


Jenis Bahan Jersey Yang Beredar di Pasaran

Saat ini ada beberapa macam bahan kain jersey yang beredar di pasaran, dan nama dari masing-masing jenis jersey yang akan kami tampilkan bisa jadi agak berbeda antara satu toko atau kota dengan tempat lainnya. Namun hal ini tidaklah mengapa, asalkan sahabat muslimah dapat mendapatkan bahan jersey sesuai dengan yang Anda inginkan. Inilah Jenis bahan jersey yang beredar di pasaran antara lain:

1. Bahan Jersey Hight Twist

Bahan jersey jenis ini merupakan salah satu jenis jersey yang banyak sekali beredar di pasaran karena harganya yang sangat terjangkau dan juga serat rajutan kainnya yang terlihat rapi dan mengkilap. Bahan jersy jenis Higt Twis mempunyai variasi warna yang sangat banyak antara dua puluh hingga tiga puluh macam warna. Selain harganya yang murah, banyak orang yang menyukainya karena bahannya yang terlihat mengkilap dan juga tidak mudah kusut. Hal ini karena dalam bahan ini terdapat campuran bahan sintetis seperti poliester. Namun hal ini menyebabkan sifatnya agak panas.

Ada dua jenis dari bahan jersey hight twist ini yaitu higt twis tenun yang tidak melar, umumnya digunakan untuk membuat baju model blazer, jas dan sejenisnya, sedangkan untuk bahan jersey higt twis yang jenis kaos dengan karekteristik melar banyak digunakan untuk bahan jilbab dan sejenisnya.

Di Indonesia bahan jersey hight twis dipasarkan dengan banyak merk seperti Jet Black, Tiger, Sebastian, Caravelle, Intercooler, Maxi Style, Staff, Serasi, dan lainnya.

Karakteristik bahan ini adalah terlihat mengkilap, seratnya halus, agak panas, dijual dengan rata-rata lebar 180 cm serta beratnya 120 gsm dan 140 gsm. Bahan ini dijual dengan target masyarakat menengah kebawah.

2. Bahan Spandex Jersey

Bahan Spandex Jersey atau Spandex ITY/ATY, sering juga disebut dengan spandek jersey korea. Spandek ity adalah nama lain dari bahan jersey yang mempunyai kualitas paling tinggi di pasaran. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa sebutan ini merupakan sebutan bahan jersey yang asli dari pabrik.

Untuk mengecek apakah bahan jersey yang sahabat beli adalah jenis ini, sahabat dapat mengeceknya langsung pada label Quality Control kain yang terdapat di gelondongan kain. Di situ akan ditulis jenis bahan adalah Spandex Ity, atau bisa juga ditulis Jersey Korea karena memang kualitasnya setara dengan Spandex Ity impor. Berat dari kain jenis ini rata-rata 280 gsm (gram permeter persegi). Harga dari Spandex Jersey Ity ini adalah paling mahal dibandingkan jenis jersey yang lain.

Ciri khas dari spandex jersey Ity ini adalah:
• kainnya yang sangat jatuh,
• keset dan tidak kasar,
• serat terlihat sangat halus,
• adem dan lembut saat disentuh
• tidak mengkilap
• warnanya biasanya kalem dan soft

3. Jersey Stela

Bahan jersey stela berada satu grade di bawah Spandex Ity, dengan berat antara 210 gsm dan 220 gsm dan lebar kain antara 160 cm dan 180 cm. Bahan jersey stela juga mempunyai target market kelas menengah keatas dengan kualitas yang bagus.

Ciri khas dari bahan jersey stela adalah:
• adem dipakai,
• keset dengan sedikit licin dibandingkan Spandex Ity,
• tidak mengkilap,
• bahannya jatuh dan lembut,
• jika diamati dari dekat terlihat serat katun seperti pada bahan kaos.

4. Jersey Etiway

Jenis Jersey Etiway ini memang dapat dimasukkan ke dalam jenis higt twis, namun ada yang berbeda dari keduanya yaitu beratnya 210 gsm serta lebarnya 180 cm.

Karekteristik dari bahan jersey etiway ini adalah:
• Agak mengkilap sedikit,
• bahannya jatuh,
• lumayan adem dipakai,
• serat rajutannya terihat tidak rapi.

5. Jersey Scarlet dan Jersey Serly

Bahan kedua jersey ini adalah yang paling murah di pasaran, dengan kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan jersey yang sudah disebutkan di atas. Berat dari bahan jersey tipe ini berkisar antara 140 gsm sampai dengan 210 gsm.

Ciri khas dari bahan jersey ini adalah:
• Kainnya terlihat kasar,
• serat kain tidak rapi,
• serat kain terlihat renggang,
• bahan sedikit dingin,
• warnanya kurang terang,
• harganya paling murah

6. Bahan Jersey Serena

Bahan jersey serena memiliki tekstur yang lembut dan padat, dengan berat jenis sekitar 0,21 kg/m2. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat baju seragam olahraga.

Bahan jersey serena merupakan bahan yang mendekati bahan pakaian yang diproduksi oleh Adidas dan Nike.
Karakteristik dari bahan jersey serena antara lain:
• Adem dipakai,
• jatuh dan lembut,
• mudah kering,
• memiliki stretch yang tinggi

Penutup

Demikianlah beberapa jenis bahan kain jersey yang banyak beredar di pasaran. Diharapkan dengan mengetahui jenis bahan jersey ini maka sahabat akan dapat dengan mudah memilih busana muslim sesuai dengan bahan yang sahabat inginkan. Anda juga dapat membaca artikel lain kami tentang perbedaan bahan jersey kami dengan bahan jersey bola. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *